Partai Bulan Bintang Dukung Sistem Proporsional Tertutup, Yusril Ihza Mahendra Ungkap Alasannya

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 20:40 WIB
Ketum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra (Tangkapan Layar YouTube/PBB Channel Official)
Ketum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra (Tangkapan Layar YouTube/PBB Channel Official)

Bantenekspose.ID - Partai Bulan Bintang (PBB), besutan Yusril Ihza Mahendra, mendukung sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 atau Pileg 2024.

Dukungan PBB terhadap penerapan sistem proporsional tertutup pada Pemilu 2024 atau Pileg 2024 ini, dinyatakan langsung Yusril Ihza Mahendra, saat Rakornas PBB di Jakarta.

Pada acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo tersebut, Yusril Ihza Mahendra mengatakan alasan, kenapa PBB mendukung sistem proporsional tertutup pada Pileg 2024.

Baca Juga: Ini Besaran Gaji Panwaslu Kelurahan Desa atau PKD Pada Pemilu 2024, Selain Gaji Ada Juga Jaminan ini

"Wacana, apakah pemilu dengan sistem terbuka atau pemilu dengan sistem tertutup. PBB sebenarnya menghendaki pemilu dengan sistem tertutup," kata Yusril Ihza Mahendra.

Seperti dilansir tayangan YouTube PBB Chanel Official, Yusril juga menyebut, mungkin hanya PDIP dan PBB, yang menghendaki sistem proporsional tertutup.

Menurut Yusril, alasan PBB mendukung sistem proporsioanl tertutup, karena demokrasi di negeri ini telah mengalami pergeseran yang luar biasa.

Baca Juga: Apa Saja yang Ditanyakan Dalam Tes Wawancara Panwaslu Kelurahan Desa? ini Bocoran Kisi Kisi Materinya

"Pergeseran dari kekuatan rakyat, menjadi kekuatan uang, kekuatan modal," ujar mantan Menteri Kehakiman dan HAM eranya Presiden Megawati.

Lanjut Yusril, orang tidak perlu dikader di partai, tidak perlu dididik di partai, tidak perlu harus berjenjang dari bawah dalam kepengurusan partai.

Halaman:

Editor: Saeroji Al Ghazaly

Sumber: YouTube PBB Channel Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X