• Jumat, 12 Agustus 2022

Punya Penyakit Kulit, Pemandian Air Panas Cisolong lah Solusinya!

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Pengunjung saat berenang di kolam Pemandian Air Panas Cisolong, Kabupaten Pandeglang (Dok. BE)
Pengunjung saat berenang di kolam Pemandian Air Panas Cisolong, Kabupaten Pandeglang (Dok. BE)

BantenEkspose.ID - Masyarakat Kampung Cisolong, Desa Sukamana, Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang ini, mempercayai bahwa zat yang tekandung pada Pemandian Air Panas Cisolong bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit termasuk rheumatik.

Pemandian Air Panas Cisolong ini dipercayai masyarakat setempat berasal langsung dari puncak Gunung Karang yang masih aktif.

Salah satu pengelola Destinasi Cisolong, Encep (54) mengatakan, Pemandian Air Panas Cisolong berbeda dengan pemandian air panas lainnya.

Baca Juga: Selain Air Terjun Cikotak, Banten Memiliki Air Terjun Curug Gendang Yang Tidak Kalah Indahnya

Karena, menurut dia, tidak tercium bau belerang dan di kolam juga terlihat jernih seperti kolam-kolam renang pada biasanya karena belerangnya tercampur air.

“Kalau menurut peneliti yang pernah datang kesini (Cisolong) itu sekira 0,4 persen bukan belerang dari zat. Bahkan pemandian air panas ini sudah ada sebelum Kabupaten Pandeglang berdiri,” ujar Encep saat berbincang.

Untuk luasan tanah Cisolong ini, lanjutnya, sekitar 8 hektar, hanya baru 5 hektar yang dijadikan tempat wisata dan sisanya masih dijadikan pesawah warga. 

Baca Juga: Menilik Indahnya Air Terjun Cikotak, Kabupaten Serang

Sedangkan untuk pemasukan dana dari pengunjung, per tahun sekitar Rp 150 juta untuk dibagi dua antara Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan pengelola.

Halaman:

Editor: Herliana A Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X